Rabu, 26 Juni 2013

Masjid Jogokariyan, aku cemburu...



bismillahirrahmanirrahiim...

sekitar 30 menit yang lalu, baru saja tiba di rumah sepulang dari MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) akhwat KMMTP. Mabitnya di Masjid Jogokariyan. Sedari dulu pingin ke masjid Jogokariyan, alhamdulillaah kesampaian kemarin. Yang membuat saya kagum adalah banyaknya kegiatan di masjid tersebut yang dikenal  oleh masyarakat Jogja. Dan bermalam disana membuat saya semakin mengaguminya...





pertama kali tiba disana kemarin saat shalat Isya’, masyaAllah rame sekali :) ba’da Isya’ pun ada dzikir bersama. Semakin kagum saat pukul 03.00 kami bangun dan shalat Qiyyamul’lail, disana sudah ada beberapa jama’ah yang sedang khusyu’ bermunajat pada ALLAH. Masjid saat itu dalam keadaan gelap, hening... dan beberapa kali ada suara lantunan Ayat Suci... betapa mengagumkan sekali para jama’ah tsb, ketika hamba-Nya yang lain kebanyakan masih tertidur lelap, orang-orang yg shalat tahajud melawan rasa kantuk dan dingin untuk meminta, untuk mengeluh, untuk bersyukur kepada ALLAH.

Lagi-lagi saya malu, malu jika saya sering tak bisa mengalahkan rasa kantuk untuk bangun shalat. Kekuatan terbesar untuk bangun adalah ketika saya membayangkan bahwa ALLAH sedang menatap saya, dan berharap saya bangun untuk sekadar ‘curhat’. Saya juga akan langsung bangun ketika saya mengingat betapa banyak nikmat yg ALLAH berikan. Nikmat iman, nikmat ilmu, nikmat ukhuwah, nikmat segalanyaaa. Bahkan, bisa bangun tahajudpun saya merasa itu nikmat yang sangat patut disyukuri.

Yaa Rabb, terimakasih telah memberi kesempatan untuk berkunjung ke salah satu rumah-Mu, kesempatan melihat betapa khusyuknya hamba-Mu yang lain dalam berdo’a. Sungguh Yaa Rabb, hamba begitu cemburu, hamba cemburu ketika melihat hamba-Mu yang lain bisa dengan mudahnya bangun tahajud, cemburu dengan mereka yang begitu mudahnya melangkahkan kaki untuk menuju rumah-Mu, yang begitu mudahnya melawan rasa lelah, rasa kantuk untuk bermunajat pada-MU. Yaa Rabb, ajari hamba untuk selalu merasa bahwa dunia ini sementara... ajari hamba untuk selalu bersyukur.

Masih terekam jelas, remang-remang cahaya masjid tadi terlihat ada seorang laki-laki memakai baju batik, khusyu’ sekali beliau berdoa... pukul 04.30 adzan subuh, dan ternyata sudah banyak jama’ah yang datang... jama’ah yang menunggu adzan subuh... Mulia sekali, bukan? Ah, lagi-lagi malu rasanya jika shalat subuh kesiangan. Setelah shalat, ada kultum. Dan...saya melihat baju penceramah mirip dengan baju laki-laki yang ada di dalam masjid saat tahajud tadi. Mendongakkan sedikit kepala, ah masyaAllah... ternyata Ustadz Salim A Fillah! :’) isi kultumnya tentang persaudaraan kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Kultum yang singkat namun penuh makna didalamnya, bahkan beberapa jama'ah ibu-ibu di sekitar saya mengangguk dan beberapa kali tertawa kecil medengar ceramah dari beliau. Tak hanya pandai berkicau di twitter, beliau juga begitu fasih menyampaikan materi kultum yang kebanyakan jama'ah di masjid sudah 'sepuh' (usia lanjut). Menyampaikan tapi tidak menggurui.

Akhirnya sekarang saya paham, mengapa semua kalimat beliau di twitter mengandung makna yang luarbiasa. Hati seorang hamba yang selalu bermunajat kepada-Nya memang lebih lembut. Sangat lembut dengan bahasa yang begitu menyejukkan hati. Yaa Rabb, hamba lagi-lagi cemburu...


2 komentar:

  1. waaaah Devi buat iri saja nih, ini salah satu target aku lho untuk bisa ke Masjid Jogokariyan :)

    BalasHapus
  2. iyakah ukh? ayo sini main ke Jogja nanti ke Jogokariyan bareng hehe :)

    BalasHapus